Sejarah Singkat Permainan Bola Basket

Posted by Inop49 on 09:33 PM, 13-May-09

Permainan bola basket berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891. James Naismith adalah seorang guru pendidikan jasmani di Young Men's Christian Association (YMCA) di Springfiled, Massachuset, Amerika Serikat. Ia dilahirkan di Almonte, Ontario, Kanada. Ia menyelesaikan studinya pada tahun 1887 di Mc. Gill University. Ia juga merupakan seorang pemain rugby dan lacrosse.

Gagasan yang mendorong terwujudnya cabang olahraga baru ini ialah keanggotaan dan pengunjung perkumpulan tersebut (YMCA) kian hari kian merosot. Sebab utamanya ialah rasa bosan dari anggota dalam mengikuti latihan olahraga senam yang gerakannya kaku. Di samping itu, orang sangat membutuhkan olahraga yang dapat dilakukan pada musim dingin.

Dr. Luther Gullick, pengawas kepala bagian olahraga pada sekolah tersebut menyadarh adanya gejala kurang baik itu. Ia segera menghubungi Dr. James A. Naismith serta memberi tugas kepadanya untuk menyusun suatu kegiatan olahraga yang baru dan dapat dimainkan di ruang tertutup pada sore hari. Dalam menyambut tugas itu, Naismith menyusun suatu permainan yang sesuai dengan kebutuhan ruang tertutup. Permainan itu tidak begitu keras, tidak ada unsur menendang, menjegal, dan menarik serta tidak sukar dipelajari.

Sebagai pengganti menendang dilakukan gerakan mengoper serta menggiring bola (dribbling) dengan tangan. Gawang diganti dengan sasaran lain yang lebih sempit dan terletak di atas. Obyek sasaran yang demikian mengutamakan tembakan yang tidak terletak pada kekuatan seperti yang terjadi pada waktu menendang, melainkan pada ketepatan menembak.

Semula Naismith akan menggunakan kotak kayu untuk sasaran tembakan tersebut, tetapi ketika percobaan dilakukan yang ada hanya bekas keranjang (basket) buah persik. Akhirnya keranjang itulah dijadikan sasaran tembakan. Dari perkataan basket inilah kemudian permainan baru yang ditemukan oleh Prof. Dr. James A. Naismith tersebut dinamakan basket ball.

Pada tahun 1924, permainan ini didemonstrasikan di Olympiade Perancis. Pada tanggal 21 Juni 1923 atas prakarsa Dr. Elmer Beny, diadakan konferensi bola basket yang dihadiri oleh 7 negara. Dalam konferensi ini terbentuk induk organisasi bola basket internasional dengan nama Federation Internationale de Basketball (FIBA). Pada tahun 1936, untuk pertama kali permainan bola basket dipertandingkan dalam Olympiade di Jerman.

Pada masa perang dunia kedua, permainan bola basket masuk ke Indonesia yang dibawa oleh para perantau Cina. Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama, permainan bola basket dipertandingkan. Pada tanggal 23 Oktober 1951 dibentuklah induk organisasi bola basket dengan nama PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) dan pada tahun itu pula PERBASI diterima sebagai anggota FIBA.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

61 responses to "Sejarah Singkat Permainan Bola Basket"

Laili on 09:06 PM, 09-Dec-09

Terima kasih karena dengan adanya sejarah singkat ini saya bisa mengerjakan lks penjas orkes saya

Laili on 09:07 PM, 09-Dec-09

Terima kasih karena dengan adanya sejarah singkat ini saya bisa mengerjakan lks penjas orkes saya

idiotic girl on 02:40 PM, 18-Feb-10

makasih y . akhrnya saya bisa menjawab 1 soal d lks penjas saya yg memusingkan . ada di sejarah ini .

Dea on 11:59 PM, 21-Feb-10

Trima kasîh ya...Krn adax sejarah bola basket ni,saya bs ngerjakan tgs penjas ku

desty on 07:41 PM, 19-Sep-10

makasih banget karna saya bisa menjawab pertanyaan guru dgn benar...

ankgra on 07:36 AM, 13-Oct-10

thaNk atZ sejarah bola basketX
q bc4 ngejawap pRtXaan gUru q

dyah on 04:26 PM, 25-Oct-10

mkasih ,,, karena dengan adax sejarah dari permainan bola basket ,,,
saya dan teman-teman saya bisa mengerjakan tugas penjas

jEmmy on 11:35 AM, 12-Nov-10

makasih yah,,,,,,

saya udah slesaikan tugas saya.

santuzzzzzzzzz on 03:47 PM, 02-Dec-10

lengkap juga ya !

Eryyeck. . . SMASRI on 09:12 AM, 28-Dec-10

Tankz. , .Brkat adnya sjarah bola bsket sya jd tw tentang basket. . .

Jack on 06:23 AM, 06-Jan-11

Trimakasi ya,,,, dgn adanya sejara bola basket sy bs tau tentang sejarahnya bola basket...

Jack nahak on 06:30 AM, 06-Jan-11

Makasi ya,,,,,,,,,, dengan adanya sejarah bola basket tugas saya jd beresssssssss...

winda imutssssss....... on 01:24 PM, 13-Jan-11

i like to basket ball

winda imutssssss....... on 01:24 PM, 13-Jan-11

i like to basket ball

winda imutssssss....... on 01:24 PM, 13-Jan-11

i like to basket ball

winda imutssssss....... on 01:24 PM, 13-Jan-11

i like to basket ball

I on 03:33 PM, 11-Feb-11

CPMBI

IDA on 03:34 PM, 11-Feb-11

COMBI

tatu may'sh.... on 07:17 AM, 07-Mar-11

thank's bangetss nich,,,
dengan ada nya s'jarah singkat bola basket w bsa nyelsain tugas w...!!!

PRIMA on 01:27 PM, 11-Mar-11

WOUUUUUU...
info yg bagus bagi wawasanku ttg basket

ageem on 07:17 PM, 14-Mar-11

lumayan lengkap isinya

andin on 05:44 PM, 23-Mar-11

thanks bnget y atas informasinya .
smile

aprilia on 07:06 PM, 10-Apr-11

tugas saya,, akhirx selesai..tanks yaa..

dian on 01:37 PM, 16-Jul-11

tengs ya karna ada nya sejarah ne aku jadi bisa nyatat pelajaran sejarah bola basket yg ketinggalan,,,

Tiyok on 10:22 AM, 22-Jul-11

k0nferensi basket tahun 1932 cuy. kebalik tuh

annisa rizky,,,, on 05:51 PM, 25-Jul-11

MAKASIH BANGET ATAS ADANYA sejarah bola basket saya bisa mengerjakan tugas penjas saya,,,,

ajhax on 06:32 PM, 27-Jul-11

makasih yach atas informasinya akhrx z bsa slsaix tgas z

dias gustira on 04:48 AM, 12-Aug-11

mkasii yakh...
allhamdulillah saya bisa menyelesaikan tugas tentang sejarah bola basket

Kavita on 02:56 PM, 28-Aug-11

Terima kasih,dengan adanya sejarah permainan bola basket ini tugas penjaskes saya alhamdulilah selesai.

alan kodok on 11:32 AM, 06-Sep-11

makasi karena dengan adanya sejarah singkat bola basket ini saya bisa membuat tugas makalah penjas saya..
thnkz

decho ant 86 reramy on 07:36 PM, 08-Sep-11

yes. Akhirx tgs penjas saya terselesaikan dgn baik.

ramadani muet on 12:23 PM, 25-Sep-11

makasi ia . akhirnya nilai aku bagus 100%

stenly12 on 03:01 PM, 02-Oct-11

thanx artikelnya...
sangat membantu nih . . biggrin

wingayooooo on 08:50 PM, 02-Oct-11

thanks
gara2 sejarah ini smua pengetahuan masyarakat lebih luas

Soleman SmA N.2 WGP. . . . . on 02:16 PM, 20-Oct-11

Mkzh atz infrmazi tntang sjarh b0la bASKETx. . . . . .
Akhrx zya bza slesaikan tgaz dgn baik. . . . .

jejen on 06:58 PM, 24-Oct-11

thx yaa.....
dgn adax sejarah bola basket ini, bisa membantu tugas makalah saya..
tetap axis truusss... smile

Andrias setiawan on 04:56 PM, 02-Nov-11

Thangks ya berkat sejarah ini ku bisa mengerjakan tugas OR ku.thks yaaaaaaa................

arnii_niioey on 02:26 PM, 11-Nov-11

thankzz
berkat ada.a ni..
jd dpet manfaat dechsmile

dita on 04:06 PM, 08-Jan-12

thanks saya suka b0la basket

Winda follevell on 02:00 PM, 23-Mar-12

mksiii bgtt..brkt adNya sjrh bla bsket sya jdi bza mngrjakn tgz sya. . smile

Winda follevell on 02:01 PM, 23-Mar-12

mksiii bgtt..brkt adNya sjrh bla bsket sya jdi bza mngrjakn tgz sya. . smile

greace on 09:34 PM, 07-May-12

thank'zz,,ya tas INFO.x
krna ini
cttn penjas qu jd lngkp

angelia_fransisca on 01:06 PM, 24-Jul-12

thanks adanya info ini ^_^

alannn tetap alan on 10:00 PM, 03-Aug-12

tank's yaa..akhirnya w bisa ngerjain tugas lks penjas ini.
dengan selesai..bermanfaat bngt deh buat w..tanks's bangettts

Elzhaa.. on 01:19 PM, 04-Aug-12

wahhh,,,tank's bangettt yaa
sya jdi lebih tau banyak ni tentang sejarah bola basket
tanksss.."

Elzhaa on 03:45 PM, 07-Aug-12

wahh,,,tank's bngettt yaa sya jadi lebih tau banyak ni tentang sejarah bola basket.
tank'ss

Andriani on 05:34 PM, 27-Aug-12

Terimakasih,karena adanya sejarah permaina bola basket ini saya bisa menyelesaikn tgs Makalah penjas saya

dhianaa putri on 06:52 PM, 27-Aug-12

terimakasih banyak..('_'wink
atas info.x!!!.

Tino on 04:11 PM, 14-Sep-12

Terima kasih atas Informasinya. akhirnya tugasku selesai juga

Antoni on 08:39 PM, 08-Oct-12

thanks krna sdah memberikan jawaban yg bnar..!!!

nanda on 11:01 AM, 14-Oct-12

mantap

ninja konoha on 07:31 PM, 26-Oct-12

terimakasih yah
karena telah membantu saya.

FieTa. on 05:52 PM, 22-Sep-13

ThanK's Yea ..
Akhiir'x tugass FieTa seLesaii jga,.

Febrian Sumigar on 08:17 PM, 26-Sep-13

Wow :O sejarah bola basket ny' Ker'n huh? :/ capek nulis :> tapi asik

Lasmie on 03:08 PM, 05-Nov-13

Thank's yaa ,, akhir'y tugas saya slesai juga

Muhamad Baginda Sidik on 01:56 PM, 23-Nov-13

makasi ya., karena ini jadi saya dapat menyelesaikan tugas PenJas saya. smile

MELADYA on 06:46 PM, 12-Dec-13

makasih banget kakak informasihnya berguna BANGET untk ladya

syaiful majid nax mts nezat on 02:46 PM, 13-Feb-14

akhirnya selesai juga tugas penjas saya he he he ......

Danial s. Huan [20:50, 27 Februari 2014] on 08:00 PM, 27-Feb-14

Syalom, makasih ya buat informasi nya, akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas penjas saya

Aliando syarief on 07:28 PM, 19-Aug-14

Thank you ya udah ngasih tau jadi saya bisa mengerjakan tugas saya dengan cepat smile

fahkri on 06:46 PM, 20-Aug-14

wow dari mana tu bola basket

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images