Sejarah Singkat Permainan Bola Basket

by Inop49 on 09:33 PM, 13-May-09

Permainan bola basket berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891. James Naismith adalah seorang guru pendidikan jasmani di Young Men's Christian Association (YMCA) di Springfiled, Massachuset, Amerika Serikat. Ia dilahirkan di Almonte, Ontario, Kanada. Ia menyelesaikan studinya pada tahun 1887 di Mc. Gill University. Ia juga merupakan seorang pemain rugby dan lacrosse.

Gagasan yang mendorong terwujudnya cabang olahraga baru ini ialah keanggotaan dan pengunjung perkumpulan tersebut (YMCA) kian hari kian merosot. Sebab utamanya ialah rasa bosan dari anggota dalam mengikuti latihan olahraga senam yang gerakannya kaku. Di samping itu, orang sangat membutuhkan olahraga yang dapat dilakukan pada musim dingin.

Dr. Luther Gullick, pengawas kepala bagian olahraga pada sekolah tersebut menyadarh adanya gejala kurang baik itu. Ia segera menghubungi Dr. James A. Naismith serta memberi tugas kepadanya untuk menyusun suatu kegiatan olahraga yang baru dan dapat dimainkan di ruang tertutup pada sore hari. Dalam menyambut tugas itu, Naismith menyusun suatu permainan yang sesuai dengan kebutuhan ruang tertutup. Permainan itu tidak begitu keras, tidak ada unsur menendang, menjegal, dan menarik serta tidak sukar dipelajari.

Sebagai pengganti menendang dilakukan gerakan mengoper serta menggiring bola (dribbling) dengan tangan. Gawang diganti dengan sasaran lain yang lebih sempit dan terletak di atas. Obyek sasaran yang demikian mengutamakan tembakan yang tidak terletak pada kekuatan seperti yang terjadi pada waktu menendang, melainkan pada ketepatan menembak.

Semula Naismith akan menggunakan kotak kayu untuk sasaran tembakan tersebut, tetapi ketika percobaan dilakukan yang ada hanya bekas keranjang (basket) buah persik. Akhirnya keranjang itulah dijadikan sasaran tembakan. Dari perkataan basket inilah kemudian permainan baru yang ditemukan oleh Prof. Dr. James A. Naismith tersebut dinamakan basket ball.

Pada tahun 1924, permainan ini didemonstrasikan di Olympiade Perancis. Pada tanggal 21 Juni 1923 atas prakarsa Dr. Elmer Beny, diadakan konferensi bola basket yang dihadiri oleh 7 negara. Dalam konferensi ini terbentuk induk organisasi bola basket internasional dengan nama Federation Internationale de Basketball (FIBA). Pada tahun 1936, untuk pertama kali permainan bola basket dipertandingkan dalam Olympiade di Jerman.

Pada masa perang dunia kedua, permainan bola basket masuk ke Indonesia yang dibawa oleh para perantau Cina. Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama, permainan bola basket dipertandingkan. Pada tanggal 23 Oktober 1951 dibentuklah induk organisasi bola basket dengan nama PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) dan pada tahun itu pula PERBASI diterima sebagai anggota FIBA.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

59 responses to "Sejarah Singkat Permainan Bola Basket"

Laili [09:06 PM, 09-Dec-09]

Terima kasih karena dengan adanya sejarah singkat ini saya bisa mengerjakan lks penjas orkes saya

Laili [09:07 PM, 09-Dec-09]

Terima kasih karena dengan adanya sejarah singkat ini saya bisa mengerjakan lks penjas orkes saya

idiotic girl [02:40 PM, 18-Feb-10]

makasih y . akhrnya saya bisa menjawab 1 soal d lks penjas saya yg memusingkan . ada di sejarah ini .

Dea [11:59 PM, 21-Feb-10]

Trima kasîh ya...Krn adax sejarah bola basket ni,saya bs ngerjakan tgs penjas ku

desty [07:41 PM, 19-Sep-10]

makasih banget karna saya bisa menjawab pertanyaan guru dgn benar...

ankgra [07:36 AM, 13-Oct-10]

thaNk atZ sejarah bola basketX
q bc4 ngejawap pRtXaan gUru q

dyah [04:26 PM, 25-Oct-10]

mkasih ,,, karena dengan adax sejarah dari permainan bola basket ,,,
saya dan teman-teman saya bisa mengerjakan tugas penjas

jEmmy [11:35 AM, 12-Nov-10]

makasih yah,,,,,,

saya udah slesaikan tugas saya.

santuzzzzzzzzz [03:47 PM, 02-Dec-10]

lengkap juga ya !

Eryyeck. . . SMASRI [09:12 AM, 28-Dec-10]

Tankz. , .Brkat adnya sjarah bola bsket sya jd tw tentang basket. . .

Jack [06:23 AM, 06-Jan-11]

Trimakasi ya,,,, dgn adanya sejara bola basket sy bs tau tentang sejarahnya bola basket...

Jack nahak [06:30 AM, 06-Jan-11]

Makasi ya,,,,,,,,,, dengan adanya sejarah bola basket tugas saya jd beresssssssss...

winda imutssssss....... [01:24 PM, 13-Jan-11]

i like to basket ball

winda imutssssss....... [01:24 PM, 13-Jan-11]

i like to basket ball

winda imutssssss....... [01:24 PM, 13-Jan-11]

i like to basket ball

winda imutssssss....... [01:24 PM, 13-Jan-11]

i like to basket ball

I [03:33 PM, 11-Feb-11]

CPMBI

IDA [03:34 PM, 11-Feb-11]

COMBI

tatu may'sh.... [07:17 AM, 07-Mar-11]

thank's bangetss nich,,,
dengan ada nya s'jarah singkat bola basket w bsa nyelsain tugas w...!!!

PRIMA [01:27 PM, 11-Mar-11]

WOUUUUUU...
info yg bagus bagi wawasanku ttg basket

ageem [07:17 PM, 14-Mar-11]

lumayan lengkap isinya

andin [05:44 PM, 23-Mar-11]

thanks bnget y atas informasinya .
smile

aprilia [07:06 PM, 10-Apr-11]

tugas saya,, akhirx selesai..tanks yaa..

dian [01:37 PM, 16-Jul-11]

tengs ya karna ada nya sejarah ne aku jadi bisa nyatat pelajaran sejarah bola basket yg ketinggalan,,,

Tiyok [10:22 AM, 22-Jul-11]

k0nferensi basket tahun 1932 cuy. kebalik tuh

annisa rizky,,,, [05:51 PM, 25-Jul-11]

MAKASIH BANGET ATAS ADANYA sejarah bola basket saya bisa mengerjakan tugas penjas saya,,,,

ajhax [06:32 PM, 27-Jul-11]

makasih yach atas informasinya akhrx z bsa slsaix tgas z

dias gustira [04:48 AM, 12-Aug-11]

mkasii yakh...
allhamdulillah saya bisa menyelesaikan tugas tentang sejarah bola basket

Kavita [02:56 PM, 28-Aug-11]

Terima kasih,dengan adanya sejarah permainan bola basket ini tugas penjaskes saya alhamdulilah selesai.

alan kodok [11:32 AM, 06-Sep-11]

makasi karena dengan adanya sejarah singkat bola basket ini saya bisa membuat tugas makalah penjas saya..
thnkz

decho ant 86 reramy [07:36 PM, 08-Sep-11]

yes. Akhirx tgs penjas saya terselesaikan dgn baik.

ramadani muet [12:23 PM, 25-Sep-11]

makasi ia . akhirnya nilai aku bagus 100%

stenly12 [03:01 PM, 02-Oct-11]

thanx artikelnya...
sangat membantu nih . . biggrin

wingayooooo [08:50 PM, 02-Oct-11]

thanks
gara2 sejarah ini smua pengetahuan masyarakat lebih luas

Soleman SmA N.2 WGP. . . . . [02:16 PM, 20-Oct-11]

Mkzh atz infrmazi tntang sjarh b0la bASKETx. . . . . .
Akhrx zya bza slesaikan tgaz dgn baik. . . . .

jejen [06:58 PM, 24-Oct-11]

thx yaa.....
dgn adax sejarah bola basket ini, bisa membantu tugas makalah saya..
tetap axis truusss... smile

Andrias setiawan [04:56 PM, 02-Nov-11]

Thangks ya berkat sejarah ini ku bisa mengerjakan tugas OR ku.thks yaaaaaaa................

arnii_niioey [02:26 PM, 11-Nov-11]

thankzz
berkat ada.a ni..
jd dpet manfaat dechsmile

dita [04:06 PM, 08-Jan-12]

thanks saya suka b0la basket

Winda follevell [02:00 PM, 23-Mar-12]

mksiii bgtt..brkt adNya sjrh bla bsket sya jdi bza mngrjakn tgz sya. . smile

Winda follevell [02:01 PM, 23-Mar-12]

mksiii bgtt..brkt adNya sjrh bla bsket sya jdi bza mngrjakn tgz sya. . smile

greace [09:34 PM, 07-May-12]

thank'zz,,ya tas INFO.x
krna ini
cttn penjas qu jd lngkp

angelia_fransisca [01:06 PM, 24-Jul-12]

thanks adanya info ini ^_^

alannn tetap alan [10:00 PM, 03-Aug-12]

tank's yaa..akhirnya w bisa ngerjain tugas lks penjas ini.
dengan selesai..bermanfaat bngt deh buat w..tanks's bangettts

Elzhaa.. [01:19 PM, 04-Aug-12]

wahhh,,,tank's bangettt yaa
sya jdi lebih tau banyak ni tentang sejarah bola basket
tanksss.."

Elzhaa [03:45 PM, 07-Aug-12]

wahh,,,tank's bngettt yaa sya jadi lebih tau banyak ni tentang sejarah bola basket.
tank'ss

Andriani [05:34 PM, 27-Aug-12]

Terimakasih,karena adanya sejarah permaina bola basket ini saya bisa menyelesaikn tgs Makalah penjas saya

dhianaa putri [06:52 PM, 27-Aug-12]

terimakasih banyak..('_'wink
atas info.x!!!.

Tino [04:11 PM, 14-Sep-12]

Terima kasih atas Informasinya. akhirnya tugasku selesai juga

Antoni [08:39 PM, 08-Oct-12]

thanks krna sdah memberikan jawaban yg bnar..!!!

nanda [11:01 AM, 14-Oct-12]

mantap

ninja konoha [07:31 PM, 26-Oct-12]

terimakasih yah
karena telah membantu saya.

FieTa. [05:52 PM, 22-Sep-13]

ThanK's Yea ..
Akhiir'x tugass FieTa seLesaii jga,.

Febrian Sumigar [08:17 PM, 26-Sep-13]

Wow :O sejarah bola basket ny' Ker'n huh? :/ capek nulis :> tapi asik

Lasmie [03:08 PM, 05-Nov-13]

Thank's yaa ,, akhir'y tugas saya slesai juga

Muhamad Baginda Sidik [01:56 PM, 23-Nov-13]

makasi ya., karena ini jadi saya dapat menyelesaikan tugas PenJas saya. smile

MELADYA [06:46 PM, 12-Dec-13]

makasih banget kakak informasihnya berguna BANGET untk ladya

syaiful majid nax mts nezat [02:46 PM, 13-Feb-14]

akhirnya selesai juga tugas penjas saya he he he ......

Danial s. Huan [20:50, 27 Februari 2014] [08:00 PM, 27-Feb-14]

Syalom, makasih ya buat informasi nya, akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas penjas saya

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images